Jumat, 21 Oktober 2011

Kurma punya 12 Manfaat untuk kesehatan

Kurma buah araba ini sangat banyak khasiatnya, kurma punya 12 manfaat untuk kesehatan. Kurma segar memiliki daging berserat lembut dengan rasanya yang sangat manis. Daging buah kurma berisi gula sederhana seperti fruktosa dan dekstrosa yang mudah di cerna dan cepat mengisi ulang energi tubuh. Karena itu kurma sering di gunakan untuk menu berbuka puasa.

Rincian kandungan gizi kurma (per 100 g)
(Sumber: USDA National Nutrient Database)
Unsur
Nilai gizi
Persen kecukupan gizi
Energi
277 Kkal
14%
Karbohidrat
74,97 g
58%
Protein
1,81g
3%
Total Lemak
0,15 g
<1%
Kolesterol
0 mg
0%
Serat makanan
6,7 g
18%
Asam Folat
15 mcg
4%
Niacin
1,610 mg
10%
Asam pantotenat
0,805 mg
16%
Piridoksin
0,249 mg
19%
Riboflavin
0,060 mg
4.5%
Thiamin
0,050 mg
4%
Vitamin A
149 IU
5%
Vitamin C
0 mg
0%
Vitamin K
2,7 mcg
2%
Sodium
1 mg
0%
Potasium
696 mg
16%
Kalsium
64 mg
6.5%
Tembaga
0,362 mg
40%
Besi

 0,90 mg
11%
Magnesium
       54 mg             13%
Mangan
  0,296 mg             13%
Fosfor
       62 mg               9%
Seng
    0,44 mg               4%
Beta karoten
     89 mcg                -
Lutein-zeaxanthin
23 mcg
               -
Kandungan nutrisi kurma
Kurma memiliki daftar panjang kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Tabel di samping menunjukkan kandungan gizi dan unsur non-gizi yang ada pada kurma.
Kurma matang mengandung gula sekitar 80%, sisanya terdiri dari protein, lemak dan produk mineral termasuk tembaga, besi, magnesium dan asam folat.  Kurma kaya dengan serat dan merupakan sumber kalium yang sangat baik.  Lima butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, hampir semuanya dari karbohidrat.
Khasiat buah kurma
  1. Kaum Arab Badui, yang makan kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung. Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolestrol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
  2. Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
  3. Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
  4. Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan untuk menjaga kulit. Konsumsi buah buahan alami yang kaya akan vitamin A  diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
  5. Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.
  6. Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
  7. Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.
  8. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
  9. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
  10. Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
  11. Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu  piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah  dan metabolisme tulang.
Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan kepada umatnya untuk selalu mengawali berbuka puasa dengan memakan kurma. Kandungan Nutrisi dan Vitamin pada kurma jelas bisa membantu untuk program diet,coba saja cara ini Melangsingkan tubuh dengan kurma. Dengan jadwal maka yang teratur, kandungan makanan yang dimakan, serta porsi makanan seimbang untuk program diet pasti akan berhasil. Kurma mendukung agar rasa ingin ngemil yang menyebabkan gemuk itu bisa berkurang. selamat mencoba!!!!!!
Post title : Kurma punya 12 Manfaat untuk kesehatan
URL post : http://ayuwul.blogspot.com/2011/10/kurma-punya-12-manfaat-untuk-kesehatan.html

0 comments:

Show Emoticons

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :q: :s:

Posting Komentar